100
you're reading...
Info

Indonesia yang Sehat dan Sejahtera


Asalaamuai’laikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Indonesia telah bangkit makanya ada hari kebangkitan Nasional, jika tema yang yang di usung adalah kebangkitan ,yang ada di otak saya cuma 2:

  1. kesehatan
  2. kesejahteraan

oke saya hanya membahas hal sederhana ko tidak terlalu rumit karena saya sadar otak saya susah bila memikirkan hal-hal yang pelik. setiap orang dimanapun bila ditanya  mau pilih yang mana sehat atau kaya?, pasti memilih 22nya, para sahabat blogger pun pasti setujukan? udah ngangguk aja, gitu aja ko mikir hehehehe:), atau mau milih salah satu sehat tapi miskin, trus ujung-ujungnya sakit gara-gara stress dan tidak punya uang mikirin anak sekolah, makan pake apa hari ini, kalau saya sih jujur sudah sangat kapok dan tidak mau masuk lagi  kedalam penjara yang bernama kemiskinan, susah banget keluarnya,  harus punya mental yang kuat untuk bertahan 😀 kalu ga kuat berarti harus kaya :D, atau mau pilih kesejahteraan saja, sekarang kerja habis-habisan kesehatan nanti aja nyusul ya? pas penyakit datang eh uangnya habis deh untuk berobat :). jadi para pembaca sekalian pilih 22nya kan?

saya cuma membahas dari masalah hal kecil seperti rokok saja karena jujur yang saya lihat para perokok ini kebanyakan mereka berasal dari kalangan menengah kebawah dan bahkan kemaren ada artikel yang bilang 70% mereka yang merokok di jakarta adalah orang-orang miskin nah itu di jakarta bagaimana dengan yang lain? pasti para pembaca juga setuj, kalau mereka yang banyak merokok dilingkungan teman-teman adalah mereka yang ekonominya menengah ke bawah. kebanyang ga tuh kaya ga, sehat juga ga, bagaimana indonesia mau bangkit kalau rakyatnya tidak sehat, bukankah ada pepatah yang bilang “didalam tubuh yang sehat tersimpan jiwa sehat pula,” bunyinya hampir seperti itu deh 🙂 ga percaya? misalnya anda sedang sakit gigi terus tetangga anda nyetel musik padahal dia kepengen menghibur dirinya sendiri sambil nyanyi pasti anda tegur karena anda sudah tidak bisa membuka lagi pikiran mengerti orang ,dan hanya ingin dimengerti. ga percaya ? coba aja anda sakit gigi dulu sampai bolong terus suruh tetangga anda nyanyi dengan musik kesukaannya. 😀

jika ditanya kepada mereka para perokok berapa bungkus mereka sehari merokok ada yang menjawab 1/2 bungkus 1 bungkus 2 bungkus bahkan 3 bungkus, teman saya ada yang dengan pedenya dia menjawab 3 bungkus. kita pake analogi sederhana saja ya.

contoh ini pengeluaran keluarga yg hidupnya menengah yang beranggotakan 3  keluarga, ayah,ibu dan anak

  1. rokok rata-rata sebungkus Rp 10.000 X 30 hari = Rp 300.000 (ambil yg gampang dihitung saja ya 🙂 )
  2. gajih UMR Bandung                                                = Rp 1.200.000
  3. anak sekolah  1 bulan                                                        = Rp 50.000 (nah yang anaknya lebih dari 1 or dua, apa lagi biaya pendidikan setiap tahunnya naik dan tidak pernah turun dan ini anggap masih TK-SD)
  4. belanja sehari kebutuhan pokok keluarga Rp 20.000 X 30 hari = Rp 600.000 ( apa cukup 20.000 buat 3 anggota keuarga ? )
  5.  ongkos bengsin Rp 5.000 sehari X 30 = Rp 150.ooo ( bagi yang motornya sudah lunas kreditannya, dan jarak tempat kerjanya dekat)
  6. bayar listrik  1 bulan                                                = Rp 50.000 (900 VA didalam rumahnya hanya tv )
  7. pulsa Hp sehari Rp 5.000 x2 (sepasang suami dan isteri anak belum  X 30 hari= Rp 300.000
  8. belum biaya lain-lain seperti, baju anak, buku anak, sepatu anak 🙂

nah itu biaya dari menengah coba kita bandingkan dengan orang-orang miskin

  1. merokoknya biasanya lebih banyak
  2. gajih di bawah UMR
  3. anak lebih banyak dan ikut pula merokok dimulai waktu SD
  4. belanja kebutuhan pokok? di empet-empet , kalo ada ya sukur kalo ga ada ya tetap syukur (untuk isteri jangan bilang gitu suruh suami berhenti merokok )
  5. ongkos, iya kalau kerja nah kalau tidak?
  6. jangan di teruskan nanti banyak yg tersinggung 🙂
  7. sudah ga usah di teruskan nanti blog ini banyak yang ga suka 🙂
  8. ye di bilang sudah ya sudah nanti saya bisa di cekal nih karena banyak hati perokok yang tersakiti 😀

untuk menjadi Indonesia yang sehat dan kaya minimal mengurangi rokok deh ga usah jauh-jauh pemerintah harus gini dan itu, jangan korupsi terus dan uang rakyat di makan. dan pemerintah cuman bilang simple “dari pada sama kalian di bakar mending gw pake korupsi buat makan keluarga gw” hehhee 😀 . kita mulai :

setahun bisa membakar uang Rp 3.600.000,- tuh kali 50 tahun, anggap mereka umur 60 tahun dan penduduk indonesia rata-rata memulai merokok di usia 10 tahun jadi yang 10 tahun kaga usah di hitung. mari kita hitung Rp 3.600.000 X 50 tahun = Rp 180.000.000,- segitulah yg mereka bakar :),  apa lagi makin tua makin menjadi merokoknya malah ketika mereka sakit pengennya merekok dan mereka bilang “yang bikin sakit itu bukan merokok tapi ga punya uang” dan saya akan katakan “yang bikin ga punya uang itu merokok”.😀

dan satu lagi setuju atau tidak teman-teman mereka yang suka merokok susah di kasih tahu ya ga? apa lagi kalau pacarnya mengingatkan, dan bahkan ada yang bilang gini malah “dari pada disuruh berhenti merokok mending kita putus” kalau saya jadi ceweknya mending saya putusin langsung, mengapa? lihat aja perhitungan di atas dia lebih mementingkan merusak tubuhnya dari pada kecantikan isterinya hehehehe, yang cewek ga percaya? lihat lagi di atas saya malah tidak mencantumkan perawatan ke salon loh 😀. kasarnya “orang yang merokok isterinya jadi jelek” 😀

mungkin benar pemasukan terbesar Negara itu dari rokok, okay kita hitung-hitungan sama pakar matematika yang tidak pernah kuliah ini hehehehe jumlah penduduk indonesia tahun 2011 diperkirakan 257.516.167  jiwa kita bulatkan saja ya agar gampang di hitung  jadi 258.000.000 jiwa angggap  50% merekok dan 50% yang  ga merokok jadi penduduk yang merokok = 129.000.000 jiwa X Rp 300.ooo ( sebulan) =Rp 38.700.000.000.000 X 12 (setahun) = Rp 464.400.000.000.000 X 50 tahun (lama usia mereka merokok) = Rp. 23.220.000.000.000.000

berapa pendapatan negara dari sebulan,setahun atau selama perokok itu hidup?  ga usah di jawab atau di bayangkan, mendingan kita balik pertanyaannya berapa uang orang-orang yang merokok bila berhenti merokok ?” ada obrolan begini dan sering di obrolkan rakyat “ah Indonesia mah negara miskin orangnya ga maju-maju disitu-situ aja dan ga kemana-mana dan kalau ada yang berkata seperti itu mending kita balas dengan guyonan “ya sih memang bener mau maju bagaimana orang otak rakyatnya saja sudah hitam sama asap rokok mau maju bagai mana toh yang mereka lihat hanya gelap” 😀

jika masalah rokok kelar karena kita sendiri yang sudah mau menjaga kesehatan  tubuh kita barulah  melanjutkan ke yang lainnya dari makanan,minuman, lingkungan dll. saya juga ga kebayang kalo selama 50 tahun itu Rakyat Indonesia menabungkan uangnya atau inevestasi mereka pasti mewariskan sesuatu yang bermanfaat untuk keturunannya, Aamiin semoga rakyatnya pada dewasa ya, dan anehnya mereka sudah tidak percaya kepada pemerintah tapi masih mengandalkan pemerintah, bukan mengandalkan kemampuan diri sendiri, ya dimulai dengan berhenti merokok.

seharusnya di setiap rokok itu di tambahkan seperti ini

“MEROKOK DAPAT MENIMBULKAN KEMISKINAN”.

atau saya harus bikin Slogan

“MEROKOKLAH YANG BANYAK AGAR KAU MISKIN DAN KELUARGAMU MENDERITA”.

atau slogan seperti ini

“KUNCI SUKSES SESEORANG ADALAH BERHENTI MEROKOK”.

Artikel ini di ikutsertakan pada Kontes Unggulan Indonesia Bangkit di Blog Camp

NB: bila ada yang tersindir maka berubahlah, bila ada yang marah maka berfikirlah, bila ada yang senyum-senyum sudahlah 😀

Advertisements

About ardiansyah pango darwis

I just need to learn every day to be the best, because i have a vision for my life ,because best is the best

Discussion

36 thoughts on “Indonesia yang Sehat dan Sejahtera

  1. Nice Post mas .. 🙂
    *Matiin rokok sambil pasang muka polos ..
    hahaha 😀

    Posted by Adam | May 23, 2012, 4:54 pm
  2. Saya telah membaca dengan seksama artikel diatas.
    Akan segera saya daftar
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Salam hangat dari Surabaya

    Posted by Pakde Cholik | May 23, 2012, 9:00 pm
  3. analisa yang bagus Di, mudahmudahan para perokok jd berhenti merokok ya setelah baca tulisan kamu
    harihari sih ga berasa mahalnya, cuma kalo diitungitung bisa buat beli mobil 1 tuh ditotal (-____-“)
    jadi inget teman saya, yg perokok berat, lebih pilih ga makan drpd ngga ngerokok, anehh

    Posted by misstitisari | May 24, 2012, 12:59 am
    • Aamiin
      iya nih ga tahu aneh banget, ga tahu apa yang ada dalam pikiran mereka.
      dan mereka selalu bangga untuk mengatakan hal seperti itu ,

      wah yang meu beli mobil 😀

      Posted by ardiansyah pango darwis | May 25, 2012, 10:37 pm
  4. moga menaaaaaaaaaang! 🙂

    Posted by yisha | May 24, 2012, 1:08 am
  5. Assalaamu’alaikum wr. wb, Ardian…

    Alhamdulillah, jika Ardian sendiri sudah menyadari akan mudharatnya rokok kepada kesihatan manusia. Selain itu bisa menjadikan rakyat jelata tidak kondusif dalam perekonomiannya akibat dari penyakit yang melanda. Memelihara nyawa adalah kewajiban bagi umat manusia agar tidak tercemar kesihatannya.

    Satu pengkajian yang baik dan mengesankan. Cumanya, saya nasihati dalam menulis artikel untuk kontes, editing sangat penting bagi pengolahan tulisan yang mengesankan. Saya tidak tahu, gimana syarat Pakde Cholik menilai isi dan bahasa yang diguna pakai dalam kontes anjuran beliau.

    Semoga sukses dalam lombanya. Indonesia pasti sehat dan sejahtera jika rakyatnya mengambil berat kesihatan dan kesejahteraan hidupnya. Kerajaan pemerintah harus memain peranan penting dalam menangani masalah rakyatnya dengan bijaksana.

    Salam mesra selalu. 😀

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | May 24, 2012, 3:15 am
    • Wa’alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuh Bunda
      saya ngerokok pernah satu batang Bunda paling banyak dalam hidup saya 🙂

      Aamiin, semoga Indonesia menjadi lebih dari sekarang
      hehehe, Iya Bunda saya sudah baca 2 kali untuk mau di edit tapi selalu saja ada yang salah :),
      terimakasih Bunda masukannya

      Salam hangat untuk Bunda

      Posted by ardiansyah pango darwis | May 25, 2012, 10:43 pm
  6. hehe..siipp..siipp…setujuu..
    beneran dehh merokok gk ada untungnya sama sekali..duit abis badan juga abis…
    sukses GAnya ya 🙂

    Posted by Enny Ernawati | May 24, 2012, 4:55 am
  7. sudah, sudahlah
    berhenti, berhentilah
    dari merokok

    semoga sukses ya
    ngontesnya

    Posted by Akhmad Muhaimin Azzet | May 24, 2012, 8:20 am
    • iya seyuju, mulasi berhenti, kalau susah ga usah langsung berhenti total ya Pak minima 1 hari kurangin saja 1 batang ngerokoknya selama 1 bulan, bulan selanjutnya 2 batang dan seterusnya

      Posted by ardiansyah pango darwis | May 25, 2012, 10:48 pm
  8. Hentikan merokok sekarang juga…… cayo 😀

    Posted by freezerfananta | May 24, 2012, 9:10 am
  9. alhamdulilah udah lama bisa berhenti merokok. Siapa bilang berhenti merokok itu susah, dulu aku candu rokok tapi krna banyak negatifnya jadi niat berhenti. Yang terpenting bisa membuat skala prioritas pengeluaran agar bsa meminimalisir kebutuhan merokok. Nice post nih buat kesadaran masyarakat perokok.

    Posted by deanmu | May 24, 2012, 2:13 pm
    • wah keren
      kapan-kapas share dong tipsnya agar yang lain tahu :)saya ga punya tips berhenti merokok karena saya pling banyak ngerekok seumur hidup cum 1 batang dan ga pernah lagi

      Posted by ardiansyah pango darwis | May 25, 2012, 10:55 pm
  10. NB: bila ada yang tersindir maka berubahlah, bila ada yang marah maka berfikirlah, bila ada yang senyum-senyum sudahlah

    >> aku termasuk golongan yg senyam-senyum kok, hehehehe

    Posted by ndutyke | May 25, 2012, 9:21 am
  11. Merokok itu tidak apa-apa, asal tanggung jawab yang lain bisa terselesaikan dengan efisien dan tidak merugikan orang lain. Kalau saya tidak bisa melarang orang yang dengan kehendaknya sendiri ingin merusak dirinya sendiri, asal jangan orang lain. 🙂
    Di sini ceritanya, suruh berhenti merokok, ya? Sebagian perokok pasti akan nyolot tuh disindir. :mrgreen:
    Ya, saya bukan perokok. Hanya kebanyakan teman saya saja yang perokok.

    Posted by Falzart Plain | May 25, 2012, 11:32 pm
    • iya saya malah di bilang sok sehat banget kalo mereka merokok di samping saya dan saya langsung batuk :), sambil menggibaskan tangan
      hehehehe 😀

      Posted by ardiansyah pango darwis | May 26, 2012, 8:30 am
  12. sukses aja mas….be happy

    Posted by aryadevi | May 27, 2012, 5:51 am
  13. hemat pangkal kaya memang bukan slogan semata ya 🙂

    sukses

    Posted by Mila | May 27, 2012, 1:08 pm
  14. keren banget nih analisanya :O
    saya setujuuuuu, anti rokok! 🙂

    Posted by putrijeruk | May 27, 2012, 1:13 pm
  15. Alhamdulillah saya bukan seorang yang perokok…
    Ga ada gunanya, hanya merusak kesehatan saja.. 🙂

    *Kunjungan malam..
    Mampir jg ya..

    Posted by Yudha Qirana | May 27, 2012, 4:51 pm
  16. merokok keliatannya sederhana ya.. pdhl sebetulnya enggak.. Setuju sm postingan ini.. tp sambil senyum2 juga krn meminta seseorang utk brenti ngerokok itu susaaaahhhh *ngelirik suami.. Heheh…

    Posted by Myra Anastasia | May 28, 2012, 2:39 pm
  17. berhenti merokok memang motivasinya harus dari sendiri ya, mudah2an aja mereka segera kembali ke jalan yg benar hihihihi…

    Gudlak ngontesnya 😉

    Posted by Orin | May 29, 2012, 8:49 am
  18. hahaha.. aku nggak senyum-senyum, tapi cengengesan 🙂

    Alhamdulillah, misuaku nggak ngerokok, jadi aku bisa ke salon deh… Tuh, mirip Dian Sastro kan eykeh?

    Btw, Pakdhe ngerokok, lho! Pasti Pakdhe ngedumel baca ini..ahahahaha..

    Pis, Pakdhe! 🙂

    Posted by Dewi Fatma | May 31, 2012, 10:02 am
  19. Semoga aja yang baca tulisan ini bisa sadar kalo rokok itu gak ada guna nya, aminnn 🙂

    salam hangat dari Palembang 🙂

    Posted by Nurdini El Munawarah | June 5, 2012, 6:26 am

NB : Mohon untuk kritikan dan masukannya ya agar postingan-postingan saya yang selanjutnya bisa lebih bermanfaat. lagi :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: